cyberisteqmedia@gmail.com +62 857-5606-6354

Diklat Amtsilati

Pondok Pesantren Salafiyah Al-Istiqomah pada 11-17 Sya'ban ( 21-27 Februari) melaksanakan kegiatan rutin taunan yaitu Diklat Amtsilati. Metode Amtsilati yaitu pelatihan membaca kitab kuning, yang merupakan metode cara cepat membaca kitab kuning. Metode Amsilati ditemukan oleh KH Taufiqul Hakim asal Pondok Pesantren Darul Falah Jepara, Jawa Tengah. Metode cukup unik, karena meringkas bait alfiyah yang 1002 nadzom menjadi 184 nadzom. Cara belajarnya juga menyenangkan dan seperti model bermain dengan lagu khusus. 

 

Sekilas tentang metode Amtsilati, terdiri dari lima jilid buku. Diawali dengan bab satu  pembahasan huruf jer (kata depan), ditampilkan ayat Al Qur'an yang berkaitan dengan materi. Selanjutnya dianalisa bagiamana cara membaca tanpa tanda baca/harakat dan alasannya. 

 

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Karena setiap materi yang disampaikan harus diikuti cara melafalkan dan ada nadzhaman (bait) yang dibaca berulang-ulang. Dengan buku pedoman Amtsilati peserta menyimak dengan seksama. 

metode amtsilati sudah diterapkan di pesantrennya kemunculannya pada tahun 2003 hingga saat ini. Sudah banyak santri yang awalnya tidak paham ilmu nahwu-shorof setelah belajar amtsilati menjadi mahir.

 

Diklat ini diajarkan langsung oleh Pipminan Pondok Pesantren Salafiyah Al-Istiqomah yaitu Pangersa Akang K.H Aden Ali Asadulloh, M.pd.I. Tidak hanya Amtsilati saja tetapi diajarkan juga mengi'rob kata ( menjelaskan dalam bahasa arab ) oleh Pangersa Kang Jai (Adik Pangersa Eteh ).  Dalam waktu satu ahad selesai untuk 5 jilid Amtsilati,Shorfiyah,Tatimah dan Mengi'rob. Pada hari akhir Diklat Amtsilati diadakanlah tafaruqon santri munfasin dan munfasirot atau bisa disebut juga perpisahan. Masing-masing perwakilan peserta menampilkan kreativitasnya yang ditutup dengan pemberian cendramata dan sertifikat. Semoga dengan adanya Diklat ini banyak santri-santri yang minat untuk belajar metode Amtsilati.

  • Kategori : Diklat Amtsilati